Daftar Tablet Murah dengan Layar 7 Inchi


Artikel ini merupakan tulisan ulang yang telah dimuat dalam blog berikut: http://gaptek28.wordpress.com/2012/08/17/inilah-jajaran-tablet-murah-berlayar-7-inci-dan-os-android-ics/
Tablet PC berbasis Android, kini bukan cuma mainan kelas atas saja. Kalau dulu perlu dana 5 juta lebih untuk bisa punya tablet maka sekarang sejak banjirnya produk tablet Cina maka siapapun bisa ber-tablet ria. Tentunya produk murah meriah ini sebagai produk low-end punya perbedaan dengan tablet kelas atas yang lebih dulu ada. Perbedaan itu diantaranya sebagian besar tidak dilengkapi teknologi seluler (jadi tanpa SIM card), tanpa fitur GPS, bahkan tidak ada kamera belakang (hanya ada kamera depan) dan kualitas fisik yang tentunya berbeda.
Tapi jangan salah, tablet murah meriah ini tetap bisa difungsikan sebagaimana layaknya fungsi tablet. Tablet berlayar 7 inci ini sudah dibekali Android terkini 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) yang lebih baik dariGingerbread. Banyak yang bisa dilakukuan dengan Android apalagi versi terbaru ini, seperti beragam aplikasi dan games, memutar film HD dan multimedia dasar (foto dan musik). Dan dengan konektivitas WiFi, berselancar internet masih bisa dilakukannya. Beberapa bahkan punya slot mini USB yang bisa dihubungkan ke flash disk atau modem (dengan kabel tambahan). Soal jeroan memang bervariasi, umumnya mengusung prosesor single atau dual core dengan GPU Mali 400, RAM DDR3 antara 512 MB hingga 1 GB dan memori internal sekitar 4 GB. Baterai juga bervariasi tapi rata-rata sekitar 3.000 mAh yang tergolong standar. Bicara soal layar LCD, semuanya sudah pasti memakai teknologi kapasitif multi touch, dengan resolusi umumnya WVGA (800 x 480 piksel)  namun ada beberapa yang sudah mencapai 1024 x 600 piksel.

Produk-produk tablet murah ini beberapa memakai nama TAB atau PAD layaknya Galaxy Tab atau iPad, tak heran dalam hal desain juga banyak
meniru terinspirasi dari kedua Tablet papan atas itu. Beberapa produk tablet 7 inci dengan Android ICS yang murah meriah diantaranya (urut abjad) :
A. ADVAN VANDROID T2i
Tablet Advan Vandroid cukup mudah ditemui di pasaran, punya merk yang cukup terkenal juga. Di seriVandroid T2i ini (i menunjukkan Android ICS) Advan membenamkan prosesor Cortex A8 1 GHz dan RAM 512 MB serta memori internal 4 GB. Dibekali baterai 3.000 mAh, Advan dibandrol dengan harga kaget yaitu 1 juta pas. Tidak membuat kantong jebol kan..
B. AINOL NOVO 7 AURORA II
Merk produk ini memang kurang dikenal tapi spesifikasi dan tampilannya lumayan mantap dengan prosesor Cortex A9 dual core. Tak heran harga jualnya cukup lumayan yaitu 1,4 jutaan. Selain dual core, Ainol memberi RAM 1 GB dan memori internal 16 GB di Aurora II ini. Hebatnya, layarnya buatan LG dengan teknologi IPS, sudah beresolusi 1024 x 600 piksel yang lebih detil dari WVGA biasa.
C. AXIOO PICOPAD 7 BGT
Salah satu produsen yang sudah terkenal dengan produk notebook dan netbook ini juga sudah cukup lama punya tablet dengan nama Picopad. Kali ini Picopad 7 (7 melambangkan layar 7 inci) diberi kode BGT (entah apa artinya) yang sudah memakai Android ICS Rooted (Picopad 7 sebelumnya masih Android GB). Prosesor Cortex A10 berkecepatan 1,2 GHz menjadi otak tablet seharga 1 juta ini. Karena murahnya, maka cukuplah memori RAM yang diberikan hanya 512 MB dan internal 4 GB. Saya rasa Picopad 7 BGT adalah pesaing langsung dari Advan Vandroid T2i. Review bisa dibaca disini.
D. IMO TAB Z5
Imo Tab Z5 memakai prosesor Cortex A10 dengan clock 1 GHz, memori RAM 512 MB dan internal 4 GB. Harga Imo Tab Z5 dilego di 1,2 jutaan saja, cukup murah karena Imo Tab memiliki teknologi selular sehingga bisa untuk menelepon dan SMS, atau berselancar dengan jaringan EDGE.  Sebagai bonus, tersedia port HDMI untuk sambungkan gambar ke TV LCD.
E. TABULET BEAT DUOS
Tabulet Beat Duos dari namanya merupakan tablet Tabulet Beat dengan dual core, dengan prosesor Scorpio MX A9. Sebagai RAM diberikan 1 GB dan layarnya sudah beresolusi 1024 x 600 piksel yang tajam. Baterai didalamnya berkapasitas 3.200 mAh dan dijual di kisaran 1,6 jutaan. Review bisa baca disini.
F. TREQ A10C
Merk Treq juga terdengar asing di telinga, tapi setidaknya tablet Treq A10C (A10 menunjukkan jenis prosesor yang dipakai) seharga 1,3 jutan ini sudah berlimpah fitur seperti prosesor ARM Cortex A10 berkecepatan 1 GHz, memori RAM 1 GB dan internalnya 16 GB yang bisa menampung banyak aplikasi.
G. VIEWSONIC VIEWPAD E70
Viewsonic adalah merk yang berpengalaman dalam membuat monitor LCD, tak heran di kancah tablet dia juga ikut membuat andalannya dengan nama Viewpad. Kali ini di Viewpad E70, Viewsonic mengandalkan prosesor Cortex A9  dengan 1 GHz dan memori internal 4 GB, sedangkan RAM-nya cukup hanya 512 MB saja. Produk ini sepertinya belum masuk pasaran, harga diprediksi sekitar 1,5 jutaan.
Saya tidak menjamin spesifikasi di atas adalah 100% benar karena saya merangkum dari berbagai sumber. Harga per Agustus 2012 dan masih bisa turun di bulan-bulan mendatang :)
Contoh penampakan Tablet Axioo Picopad :
Axioo Picopad
Axioo Picopad

Comments :

0 komentar to “Daftar Tablet Murah dengan Layar 7 Inchi”

Post a Comment